Pages

Instagram

Wednesday 10 April 2013

Menjelajahi 10 Eksotisme India



David Pakpahan Blog ®  Sebelum baca artikel ini admin ingin menjadi teman kamu dibeberapa jejaring social berikut :

    Line & We Chat : georgedavid
    Twitter : @davidpakpahan83
    Instagram : @davidpakpahan
    Skype : george.david08

    Tambahkan saya yahh senang Berteman dengan anda ^^ jadi setelah promo langsung saja nih berikut ulasan topik kita ini.


Mengenal India lebih jauh, Anda kah salah seorang yang tertarik melakukannya? India tak hanya dikenal dengan Sungai Gangga dan Taj Mahal, negara eksotis ini juga menyimpan banyak destinasi wisata yang bisa membuat Anda betah berlama-lama di dalamnya.

 Bangunan yang indah, megah, dan penuh sejarah menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke negara asal selebriti Shahrukh Khan ini. Negara yang kaya seni budaya inipun memiliki beragam festival kebudayaan. Jika lapar, Anda dapat menikmati sajian kulinernya dengan rasa yang unik dan dibanjiri rempah-rempah. Berkeliling membuat tubuh Anda merasa lelah? Tenang saja, India memiliki rahasia tradisional yang dapat membuat tubuh Anda lebih rileks.

 Berkunjung ke India, Anda akan mendapatkan paket komplet dalam berwisata. Berikut disajikan 10 cara menikmati eksotisme India,simak ulasannya berikut ini :




1. Festival Holi

Festival Holi diselenggarakan untuk memperingati kemenangan kebaikan atas kejahatan. Festival ini diadakan setiap tahun, sehari setelah bulan purnama di bulan Maret. Pada tahun ini, Holi akan diselenggarakan pada Rabu, 27 Maret 2013. Festival ini menandai akhir dari musim dingin untuk menyambut musim semi yang berarti musim panen telah tiba.

 Hampir seluruh daerah di India merayakan Festival Holi. Daerah-daerah seperti Mathura dan Vrindavan, New Delhi, West Bengal, Jaipur, dan Banswara selalu merayakannya secara meriah. Di West Bengal, Festival Holi akan diselenggarakan satu hari lebih dulu daripada daerah lainnya. Jika Anda ingin suasana lebih tenang, silakan pergi ke daerah selatan India. Di sini, Festival Holi tidak diselenggarakan secara meriah karena warganya lebih memfokuskan diri kepada aspek religius dengan pergi beribadah ke kuil.

 Festival Holi penuh keceriaan. Para peserta akan berbasah-basahan, tubuh mereka pun terlumuri cairan warna-warni yang berasal dari lemparan peserta lain. Oleh karena itu, Festival Holi dikenal pula dengan Festival of Colors. Pada malam hari sebelum festival, sebuah api unggun besar akan dinyalakan untuk membakar roh-roh jahat.

 Tips jika Anda ingin ikut festival ini adalah gunakan baju yang sudah tidak terpakai dan ada baiknya jika rambut dan tubuh Anda dilumuri oleh minyak terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika saja cairan berwarna yang digunakan sangat sulit dihilangkan.

2.Candi Khajuraho

Sudah sering terdengar jika ilmu Kamasutra berasal dari India. Jika Anda penasaran, datanglah ke Khajuraho. Ini adalah kuil yang terbuat dari batu pasir dan menjadi satu-satunya kuil yang tersisa dari 85 kuil yang pernah dibangun sejak abad ke-10.

 Di Khajuraho, Anda dapat melihat berbagai relief yang menggambarkan erotika. Kuil ini sendiri terdiri dari 20 kuil-kuil kecil yang dikelompokkan menjadi kuil barat, kuil timur, dan kuil selatan. Kuil Khajuraho dapat ditempuh sepanjang 620 kilometer ke arah selatan dari New Delhi.

 Keunikan yang ditawarkan kuil ini dengan berbagai patung dan relief erotikanya tentu menjadi daya tarik wisatawan. Tak hanya itu, kuil ini menjadi perwujudan perayaan cinta, kehidupan, dan ibadah. Setiap pengunjung yang ingin masuk ke kuil barat dikenakan biaya sekira Rp50.000 sementara gratis untuk kelompok kuil lainnya. Pada Februari atau awal Maret biasanya akan digelar festival budaya.

 Waktu terbaik bagi Anda yang ingin berkunjung ke Khajuraho adalah pada November hingga Maret. Tak ada batasan usia bagi pengunjung, bahkan anak-anak di bawah 15 tahun pun diperkenankan untuk mengitari kuil.

3. Ayurveda

Ayurveda adalah sebuah perawatan spa ala India. Manfaatnya selain membuat tubuh rileks juga menyembuhkan beberapa penyakit. Penyembuhan tradisional ala India yang menyatukan sistem alam ini telah dipraktekkan selama lebih dari 5.000 tahun di India.

 Ayurveda berfungsi menyeimbangkan energi kehidupan tubuh. Cara yang dilakukannya pun beragam; bisa menyesuaikan pola makan, melakukan berbagai pijatan, hingga menggunakan cairan herbal.

 Jika ingin mencoba perawatan khas India ini, waktu yang tepat untuk Anda datang adalah pada musim hujan dari Juni hingga September. Hal ini dikarenakan suhu udara lembap, dingin, dan bebas debu akan membantu pori-pori tubuh terbuka sehingga memudahkan proses penyerapan minyak terapi ke dalam tubuh.

 Di India, terutama di daerah Goa dan Karnataka, begitu banyak resor yang menawarkan perawatan ini kepada wisatawan. Jika Anda tidak memiliki keluhan khusus, menikmati ayurveda di resor-resor tersebut sah-sah saja. Namun, bagi Anda yang ingin menyembuhkan satu penyakit, ada baiknya pergi ke rumah sakit yang tepat seperti di Kottakkal.

4. MySore

Setiap tahunnya, ribuan orang berduyun-duyun mempelajari yoga di Mysore. Tak hanya populer di India, tempat inipun sudah dikenal hingga seluruh dunia sebagai pusat yoga. Mysore memiliki pemandangan indah berupa istana dan kuil-kuil megah yang dapat dinikmati selama berlatih yoga.

 Jika tertarik mempelajari yoga di sini, hal pertama yang akan Anda pelajari adalah Ashtanga, yang melibatkan tubuh dalam berbagai postur dan dipadu sinkronisasi nafas. Jangan dikira mudah, proses ini akan menghasilkan panas internal yang akan membuat tubuh menghasilkan begitu banyak keringat untuk detoksifikasi.

 Waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari yoga di Mysore minimal satu bulan. Biasanya, wisatawan yang ingin benar-benar fokus belajar yoga akan tinggal dan menetap di Mysore untuk beberapa bulan lamanya.

5. Sari

Sari adalah busana tradisional nan eksotis khas India yang digunakan kaum perempuannya. Busana ini telah digunakan sejak 5.000 tahun lalu. Pergi ke India, tak lengkap rasanya tanpa belajar mengenakan sari sekaligus membelinya untuk kenang-kenangan.

 Sebuah kain sepanjang enam hingga sembilan meter digunakan untuk melilit tubuh. Salah satu ujungnya biasanya akan diberi hiasan. Sisi tersebut kemudian disematkan di bahu, namun ada juga yang mengalungkannya hingga punggung. Sari dikenakan hanya dengan melilit-lilitkannya di tubuh pengguna tanpa menggunakan jarum ataupun dijahit.

 Terdapat berbagai jenis sari, namun yang terpopuler adalah tenunan sari Kanjeevaram yang berasal dari selatan India. Kain ini terbuat dari bahan sutra, berwarna kontras dengan motif yang terinspirasi dari kuil, istana, dan lukisan. Untuk membeli sari jenis ini, ada baiknya Anda langsung mengunjungi Kanchipuram di negara bagian Tamil Nandu. Di tempat ini, Anda akan mendapatkan sari dengan harga lebih murah 10 persen daripada harga pasaran.


6. Sunder Nagar

Pergi ke suatu tujuan liburan, tak lengkap tanpa belanja. Di India terdapat beberapa pasar yang dapat dikunjungi untuk mencari oleh-oleh dan memenuhi hasrat belanja Anda. Pasar tradisional murah, penuh sejarah, bahkan pasar dengan harga setinggi langit pun ada di India.

 Jika ingin membeli kerajinan khas India, Anda dapat pergi ke Pasar Delhi. Pasar ini menawarkan perpaduan antara kerajinan dari seluruh India, makanan, hingga pertunjukan budaya dan musik. Untuk dapat masuk dan belanja di pasar ini, setiap pengunjung dikenakan biaya sebesar 15 Rupee.

 Ingin tahu tempat para saudagar kaya India belanja? Sunder Nagar jawabannya. Ini adalah sebuah pasar kuno yang memang dirancang untuk kalangan atas di India. Buka setiap Senin hingga Sabtu, pasar ini menjual berbagai perhiasan perak, seni, tekstil, karpet, dan barang antik khas India.

7. Kehidupan Malam di India

Banyak fasilitas kehidupan malam yang tersebar di India, walaupun begitu berbagai aturan sudah seharusnya Anda perhatikan agar tidak terkena masalah. Misalnya, untuk dapat meminum alkohol di New Delhi, Anda harus sudah menginjak usia 25 tahun sementara di Gujarat Anda dapat menikmati alkohol secara bebas tanpa izin.

 Untuk menikmati kehidupan malam di India, ada baiknya datang lebih awal daripada biasanya. Terdapat batasan-batasan waktu tertentu yang berlaku di beberapa daerah di India. Di Goa, misalnya, daerah ini paling cepat sepi bahkan klub malam akan tutup pada pukul 10 malam karena aturan keributan. Sementara, di Kolkata yang sejak lama dikenal sebagai daerah miskin, surga hiburannya tiada berujung sepanjang hari.

 Wisatawan umumnya akan berkumpul di Mumbai ketika ingin mencicipi kehidupan malam di India. Daerah ini menawarkan kehidupan malam yang begitu hidup dengan harga bir ditawarkan murah saja. Alunan musik yang dimainkan secara langsung oleh grup band akan menemani Anda sepanjang malam.

8. Delhi Street

Menikmati kuliner khas destinasi wisata wajib dilakukan ketika Anda berlibur. India terkenal dengan makanan eksotik yang disajikan dalam piring-piring kecil. Makanan-makanan tersebut dikenal dengan sebutan Chaat.

 Untuk dapat menikmati makanan khas India yang kaya rempah, Delhi Street adalah pilihan terbaik. Disajikan secara higienis dengan rasa penuh kelezatan, tempat ini memang surga wisata kuliner India. Di sepanjang jalan Chandni Chowk, berjajar kios-kios makanan dengan berbagai menu andalannya.

 Bishan Swaroop adalah salah satu kios yang letaknya agak tersembunyi. Nuansa dari masa lalu masih dipertahankan hingga saat ini. hanya terdapat beberapa menu saja yang disajikan di Bishan Swaroop dan yang paling populer adalah Kulla aloo yaitu perpaduan kentang rebus dengan buncis yang diberi bumbu rempah-rempah campur sedikit tetesan lemon. Untuk pecinta buah, datanglah ke Jugal Kishore Lal Ramji, di tengah pemandangan yang mempesona, kios ini menjajakan salad buah yang sangat lezat.

9. Safari Unta

Jika selama ini unta identik dengan jazirah Arab, ternyata wisatawan yang datang ke India pun dapat menikmati safari menggunakan unta. Bersantai di punggung unta dapat dinikmati dengan menyusuri gurun-gurun dan kehidupan pedesaan. Anda bahkan dapat menikmati bermalam di padang pasir.

 Tempat terpopuler untuk kegiatan ini adalah Jaisalmer dan Bikaner yang berada di Rajasthan. Rute perjalanannya dapat Anda pilih, misalnya ingin melewati rute yang cukup tenang ataupun menikmati perjalanan bersama turis-turis lainnya. Waktu yang tepat untuk menikmati safari unta adalah pada September hingga Maret.

 Banyak sekali resor di sekitar Rajasthan yang menawarkan layanan wisata ini. Namun, Anda perlu cermat dalam memilih karena harga yang ditawarkan sangat menentukan kualitas layanannya.

 Agar nyaman selama menelusuri padang pasir, sebaiknya bawa alat khusus yang digunakan sebagai alas duduk di punggung unta. Gunakan krim tabir surya, topi, serta pakaian yang cukup hangat. Kertas toilet, senter, dan botol air pun sebaiknya dibawa untuk persiapan perjalanan.

10. Taj Lake Palace

Bingung mencari tempat menginap di India? Atau ingin merasakan sensasi menginap yang begitu megah? Taj Lake Palace adalah pilihan yang tepat. Bangunan hotel berwarna putih ini mengambang anggun di tengah-tengah Danau Pichola yang berkilauan.

 Latar belakang gunung-gunung tinggi akan menyempurnakan hari-hari Anda di tempat ini, ditambah hamparan air danau berwarna biru. Anda akan merasa seperti di dunia 1000 malam ala Aladdin.

 Bangunan ini telah dibangun sejak 1796 saat Maharaja Jagat Singh II berkuasa. Di dalam bangunan ini tersedia kamar-kamar yang cocok untuk menjadi kamar tidur kaum bangsawan, dengan ukuran yang cukup untuk gajah tinggal di dalamnya, kolam renang berukuran standar Olimpiade, dan bak berendam di masing-masing kamar.

 Untuk mencapainya, pihak hotel menyediakan sebuah angkutan khusus. Dan, selama perjalanan menuju dan keluar hotel, mata para tamu akan ditutup agar merasa lebih terkejut ketika sampai di tempat ini.

Serba 10 Yukk di Lihat




0 comments:

Post a Comment

 
MMORPG Games - MMORPG List - Video Game Music