Pages

Instagram

Thursday 13 March 2014

Tips Manjur Memperoleh SNMPTN Undangan

Melanjutkan pendidikan tinggi di bangku perguruan tinggi negeri merupakan impian gw yang telah duduk di kelas XI. Selama ini, perguruan tinggi negeri masih menjadi pilihan pertama buat w serta .

Biaya yang lebih terjangkau serta tenaga pengajar yang lebih profesional menjadi faktor utama mengapa selama ini w masih beranggapan bahwa perguruan tinggi negeri adalah tempat yang terbaik. Hal ini ada benarnya dikarenakan survey yang diadakan oleh beberapa lembaga baik nasional, maupun internasional, masih menempatkan beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia seperti Institut Teknologi bandung, Universitas Indonesia, dan Universitads Gajah Mada ke dalam jajaran kampus terbaik di negeri ini.

Mungkin tips yang bisa membantu w dalam menembus SNMPTN jalur undangan, dibawah ini  akan menjadikan w dengan mudah diterima PTN yang w inginkan.

1. Persiapkan belajar mulai dari semester awal masuk sekolah, sebab seleksi pertamanya berdasarkan prestasi akademik siswa.  Sekolah saya terakreditasi A, Maka jika sekolah saya terakreditasi A peluang saya semakin besar karena dari sekolah tersebut biasanya diambil sekitar 50% siswa terbaik.

2. Walaupun nilai semester pertama dan kedua hanya tembus 75 bukan 80, gw ga perlu khawatir karena masih ada harapan . Sebab pemeriksaan berdasarkan kesungguhan w dalam belajar dan katanya ini terbukti, karena banyak dari siswa yang diterima bukan berasal dari siswa yang menjadi juara kelas. Tapi siswa yang nilainya dari semester ke semester berikutnya terus membaik.

3. Gw harus mengumpulkan piagam-piagam dan penghargaan prestasi akademik yang berupa ajang perlombaan cerdas cermat, karya ilmiyah atau olimpiade itu sangat membantu dan itu bisa jadi senjata yang ampuh

4. Gw ga boleh meremehkan kegiatan ekstrakulikulir disekolah baik itu kegiatan organisasi, kepramukaan, olah raga, seni dll. Dalam dunia kampus hal-hal semacam itu sangat membantu w dalam memasuki dunia kampus kelak. Karena mahasiwa dituntut untuk mandiri tidak seperti siswa yang disodorkan oleh gurunya. Banyak dari alumni yang keterima SNMPTN undangan karena aktif dalam kegitan ekstrakulikuler.

5. Harus memilih Perguruan Tinggi Negeri yang sesuai dengan nilai rapot w, jangan terlalu muluk-muluk terhadap rasa gengsi. Karena katanya banyak sarjana yang menjadi pengangguran gara-gara terlalu menuruti rasa gengsinya sendiri. Saya tentunya harus tahu dengan nilai dan prestasi yang ada itu mau melanjutkan kemana, sesuai dengan kemampuan w tentunya.

6. Terus belajar dan cari tahu jalan lain untuk keterima di Perguruan Tinggi Negeri yang w inginkan,Karena yang gw dengar kalau hanya mengandalkan SNMPTN undangan peluangnya terbatas. Dalam kehidupan nyata ini, pasti pernah menemukan kakak kelas yang tidak terlalu pintar tapi keterima ketimbang siswa yang pandai di kelasnya melalui jalur undangan ini.

Kalau w bisa kaitkan tentang peristiwa diatas maka benar kata sebauh iklan dong  "Orang Pintar Masih Kalah Dengan Orang Bejo (Beruntung)" jadi w ga boleh iri harus tetap usaha, belajar terus-terusan.  dan Ingat pepatah dari Bapak Kepala Sekolah "Man Jadda Wajada (Siapa Yang Bersungguh-Sungguh Pasti Berhasil)"

7. Berdoa dengan iklas, setelah w berusaha baik berupa belajar dan memenuhi persyaratan-persyaratan yang diajukan menyerahkan persoalan sobat kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena gw yakin Tuhan punya rencana yang indah kedepanya untuk masa depan w.

Tambahan :

Perbanyak latihan soal-soal dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya tipe-tipe soalnya gak akan banyak berubah. Pelajari juga cara cepat menjawabnya, karena nantinya ketika ujian w gak boleh membuang banyak waktu. Selain bisa membeli bukunya, w bisa mencari tryout online di internet. Dengan semakin banyak latihan soal, akan sering melatih w untuk memecahkan soal. Selama latihan, w juga harus latih kecepatan dalam menjawab. Gw harus beri patokan waktu untuk setiap soal. Gw akan lakukan ini setiap tryout.

Kalau selama ini mama, guru, dan saudara saudara menyarankan gw untuk sering-sering belajar, namun sebaliknya papa bilang ke gw "David jangan terlalu sering belajar, karena terlalu banyak belajar malah akan membuat kamu lebih stress dan tegang nantinya". Selain itu, gw harus rubah metode belajar w. Kalau gw terlalu sering menghapal, malah akan membuat w melupakan materi itu nantinya. Cara yang benar itu katanya belajar rutin dengan waktu yang sudah diatur sesuai dengan yg gw mau. Tapi sesi belajarnya lebih banyak dalam latihan soal. Sesekali gw juga harus refreshing agar otak gw ini tidak menjadi penat.

Hal-Hal teknis Selama Ujian pada saat ujian, yang harus w perhatikan, saat tempur nanti

· Jangan Terlambat. Keterlambatan bisa mengurangi waktu pengerjaan soal. w juga gak akan memiliki jeda waktu untuk menenangkan diri. Ada baiknya sehari sebelum ujian w survei lokasi agar ketika waktunya ujian w tidak nyasar. wkwk . Tidur lebih awal dan jangan lagi belajar, agar besoknya bisa bangun pagi-pagi dan tidak terlambat ke Medan Perang.

· Jangan Lupa Peralatan Perang. Harus ingat peralatan tulis nih dan semua yang dibutuhkan untuk ujian dan gw harus benar-benar siapkan dan masukan ke dalam tas. Ketika ujian tidak akan ada orang yang mau meminjamkan barang gw. #JadiOrangPelitDalamBeberapaHari

· Gak boleh Gugup dan Berdoa. w harus bisa menenangkan diri ketika ujian. Untuk itu w gak boleh lupa berdoa. Kegugupan hanya akan membuat konsentrasimu w menjadi buyar. Dan bila mendapat soal yang tidak w bisa,  w gak boleh panik dan cemas. Lewati saja biar w bisa konsen dengan soal berikutnya.

· Hati-hati dengan Prosedur Teknis Ketika Mengerjakan Soal. Jangan sampai nantinya gw gak lulus gara-gara prosedur teknis ini.

· Gak boleh  Menjawab Jawaban yang Gak w Ketahui. Jawaban yang salah hanya akan membuat poin w berkurang. Selalu ingat untuk selalu tenang dan gak panik meskipun banyak sekali soal yang mungkin nanti gak w bisa. Ambil poin sebanyak-banyaknya dari soal yang bisa w kerjakan itu.

· Perhatikan Waktu. w harus punya patokan waktu pengerjaan untuk tiap soal. Jangan mengerjakan soal melebihi waktu yang telah diperkirakan, karena akan membuang waktu w. Bila ada soal yang sangat sulit, dan menghabiskan waktu sebaiknya lewatkan dan tepis rasa penasaran gw itu. Ingat w harus mencuri point untuk menjawab soal yang lain.

0 comments:

Post a Comment

 
MMORPG Games - MMORPG List - Video Game Music