Pages

Instagram

Wednesday 22 May 2013

Apa Kabarnya TV Anak Spacetoon?



Jika anda melihat layar Spacetoon sejak tanggal 1 Mei, ada yang beda dengan tayangannya. Kini, di sudut kiri layar setelah logo khas Spacetoon ada gambar "hitung mundur". Ya, saat posting ini ditulis, tertulis di gambar "11 HARI LAGI". Itu artinya, akan ada yang berbeda di Spacetoon di tanggal 26 Mei 2013. Anda pasti penasaran, ada apa dengan Spacetoon 26 Mei nanti?

Saya pun mencari tentang hal ini di internet. Menurut berita yang saya ambil dari salah satu situs berita online, mantan Direktur Utama Trans TV, Wishnutama, melalui perusahaan media yang dia dirikan, PT Net Mediatama Indonesia, sudah membeli saham Spacetoon Indonesia (PT. Televisi Anak Spacetoon) dan akan menggunakan frekuensinya untuk bersiaran. Namun berita tersebut masih belum bisa dipercaya karena belum ada konfirmasi dari Wishnutama. Saya baru tahu, ternyata sudah ada perusahaan media baru bernama PT. Net Mediatama Indonesia, perusahaan yang berada di bawah payung Indika Group.

Saya pun lalu mencari profil perusahaan ini di internet. Dari yang saya dapatkan di Fanpege Facebook perusahaan itu, tertera video untuk mempromosikan grand launching perusahaan tersebut. Lalu saya semakin yakin berita tersebut benar setelah melihat "bocoran" dari karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Di dinding kiriman karyawan tersebut di fanpage PT Net Mediatama Indonesia, tertulis jika mulai tanggal 26 Mei 2013, Spacetoon akan digantikan dengan siaran Net Mediatama Indonesia.

Lalu, bagaimana dengan nasib Spacetoon sendiri? Di website resmi Spacetoon Indonesia (www.spacetoon.co.id), tidak tercantum stasiun televisi khusus anak-anak ini akan berhenti mengudara dan berganti nama. Fanpage resmi Spacetoon pun terlihat tidak update lagi sejak bulan Maret 2013. Namun, di fanpage tak resmi Spacetoon Indonesia (fanpage pemirsa setia Spacetoon), tertulis kekecewaan pemirsa setia Spacetoon Indonesia terkait bergantinya nama dan konten acara Spacetoon Indonesia. Mereka berpendapat, hal tersebut sebagai titik akhir perjuangan Spacetoon Indonesia menghibur anak Indonesia dengan program-program khusus anak-anak, mulai dari kartun, program pendidikan, dan lain-lain.

Memang, akhir-akhir ini tayangan Spacetoon Indonesia mendapat kritik dari masyarakat karena mulai menayanagkan iklan, talkshow pengobatan alternatif, dan program-program musik dewasa. Mungkin karena itu Spacetoon akhirnya dibeli oleh Wishnutama melalui PT Net Mediatama Indonesia. Namun, tayangan Spacetoon tetap dikenang oleh masyarakat Indonesia karena tayangannya yang berbeda dengan stasiun TV lain.

Sebelum terdengar berita ini, PT Net Mediatama Indonesia melaksanakan recruitment besar-besaran yang diselenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia. Mereka mencari karyawan-karyawan yang akan memulai perjalanan PT Net Mediatama Indonesia di pertelevisian Indonesia. Mulai dari tim produksi, HRD, jurnalis, news anchor, dan lain-lain. Sebentar, jurnalis dan news anchor? Kemungkinan besar setelah Spacetoon berganti nama, semua konten tayangannya akan dirombak total oleh Net Mediatama Indonesia. Itu artinya program-program pengganti Spacetoon nantinya akan sama dengan konten-konten program stasiun TV lain, termasuk program berita. Bisa anda bayangkan TV anak Spacetoon menayangkan program berita?

Walaupun akan ada perombakan konten tayangan besar-besaran, pihak Net Mediatama menulis di fanpagenya akan tetap menayangkan program-program Spacetoon, walaupun cuma 6 program.

Mungkin inilah saatnya masyarakat Indonesia dengan berat hati mengucapkan selamat tinggal kepada Spacetoon, dan mulai mengucapkan selamat datang kepada pengganti Spacetoon. Apakah "Revolusi Media" yang dicanangkan oleh Wishnutama kepada Spacetoon benar-benar membuat perbedaan di pertelevisian Indonesia? Kita lihat saja tanggal 26 Mei 2013.





PT Net Mediatama Indonesia, nama perusahaan tersebut terdengar asing bagi saya, mungkin juga bagi anda semua. Dilihat dari nama perusahaannya, perusahaan ini pasti bergerak di bidang media massa. Tetapi, saya masih bingung. Perusahaan ini apakah perusahaan televisi, radio, media cetak, atau media online?


Setelah saya mencari profil perusahaan ini di internet, saya menemukan bahwa perusahaan ini adalah perusahaan televisi. Tetapi, apa nama stasiun TV mereka? Di fanpage Facebook dan timeline Twitter mereka, mereka mengumumkan akan menyelenggarakan grand launching stasiun TV mereka pada tanggal 26 Mei 2013.


Dan ternyata, perusahaan ini didirikan oleh Wishnutama, mantan Direktur Utama Trans TV, yang terkenal dalam suksesnya Trans TV memproduksi program-program yang memiliki rating tinggi.


Beberapa lama sebelum mereka mulai mengumumkan grand launching mereka, perusahaan yang berada di bawah payung Indika Group ini mengadakan recruitment besar-besaran di beberapa kota besar di Indonesia. Recruitment besar-besaran ini mengingatkan saya dengan recruitment besar-besaran yang pernah dilakukan oleh Trans TV. Iklan recruitment yang digembar-gemborkan di internet tersebut memuat kalimat "Join us with Media Revolution". Hmm, baru juga didirikan udah mau mulai revolusi di media. Apa yang akan mereka lakukan untuk "merevolusi" media di Indonesia?


Dan, ternyata langkah kedua mereka setelah recruitment besar-besaran tersebut adalah membeli saham PT Televisi Anak Spacetoon, atau yang biasa dikenal sebagai Spacetoon, dan memakai frekuensi siaran mereka untuk menayangkan program-program mereka. Sebentar, apa yang akan dilakukan NET Mediatama terhadap Spacetoon? Apakah mereka akan mengganti logo, nama, dan konten program Spacetoon? Jawabannya ya. Karena mereka mulai memperkenalkan logo mereka di Facebook dan Twitter, serta membuat iklan pengumuman grand launching mereka yang akan dibintangi oleh artis-artis Indonesia dan mancanegara, mulai dari Agnes Monica dan Carly Rae Jepsen. Hmm, ini bisa jadi adalah langkah ketiga mereka "merevolusi" media di Indonesia.


Apa "Revolusi Media" yang mereka canangkan benar-benar terwujud? Kita lihat saja apa kejutan-kejutan selanjutnya yang dibuat oleh NET Mediatama Indonesia.

0 comments:

Post a Comment

 
MMORPG Games - MMORPG List - Video Game Music