Pages

Instagram

Tuesday, 11 June 2013

Komentar dan Tips dalam permasalahan Kemacetan Di Jakarta

Komentar dan Tips saya dalam permasalahan ini adalah :

1. Kendaraan umum seperti angkot/ kopaja/ metromini diban permanen, bikin macet aja ngetem di tengah-tengah jalan

2. Hapuskan TransJakarta dan busway, bangun kembali monorail melayang yang tidak banyak memakan jalan umum, tidak usah menunggu lampu merah, dan jadwal kedatangan kereta tepat waktu (waktu tunggu 1 menit pada saat on-peak)

3. Ban permanen kendaraan pribadi mobil - motor - angkot - truk angkutan manusia dari luar DKI Jakarta (prov. Banten dan Jawa Barat), plat nomor B diganti saja supaya mudah dikenal. Setiap perusahaan hanya menerima karyawan yang ber-KTP Jakarta dan berdomisili di Jakarta pada area yang sama (warga Jakut hanya boleh kerja di Jakut), salah satu cara untuk mengurangi komuter


4. Ban permanen kendaraan motor di DKI Jakarta, kasus kecelakaan turun drastis, sebaliknya berlakukan jalur khusus untuk pengguna sepeda di area CBD dan perumahan

5. Kendaraan pribadi/ dinas/ kantor dikenakan pajak tinggi, setiap 10 tahun dihancur leburkan, kuota kendaraan mobil diundi hanya 50.000 unit/ tahun, yang tidak beruntung tunggu diundi tahun depan

6. Jasa angkutan/ truk hanya boleh beroperasi pada pukul 22:00 - 05:00 di tinjau ulang tuh trayek transjakarta yang gak efektif khususnya yang paling mendesak adalah koridor 12! masa dari priok ke pluit bisa makan waktu tempuh 3 jam mana penumpangnya sedikit sayang bus nya kalo lowong terus!

kalau mau rute priok-pluit via sunter harus dirubah jadi sunter/kelapa gading - pluit via ancol.kalo nunggu kesadaran mah gak bakalan sadar ...

nich yang harus di lakukan oleh pemerintah

1.Benahi angkutan umumnya

2.Bikin transportasi masal(monorel or whatever) bukan hanya di dalam kota saja tapi kedaerah daerah suburban juga (bodetabek) karena kebanyakan warga bodetabek yang bawa kendaraan ke tempat kerja dikarenakan tidak nyamannya angkutan umum yang ada lebih baik bermacet macetan pake kendaraan sendiri daripada harus macet dan berdesak desakan di dalam bus yang pengap dan bau..

3.Setelah infrastruktur transportasi umum tersedia dengan memadai , maka langkah selanjutnya naikan tarif parkir dan tarif toll dalam kota setinggi mungkin untuk kendaraan pribadi .. sehingga masyarakat yang gajinya memang tidak terlalu tinggi (15 jt kebawah) akan mikir berkali kali untuk bawa kendaraan ke tempat kerjanya dan memilih naik kendaraan umum yang sudah di tata dengan nyaman dan relatif murah ...jadi yang bawa mobil cuman ada 2 golongan .a.Golongan pengusaha yang emang udah kelebihan duit ,b.orang yang bener kepaksa bawa kendaraan karena ada keperluan tertentu yang gak bisa pake angkutan umum ...


Selama transjakarta tidak bisa menetapkan jangka waktu tempuh yang benar dan fix.. gak akan banyak efeknya..

Intinya MRT itu dari halte A ke Halte B, butuh waktu 10 menit, ya harus 10 menit sampe,disini lah kita kita baru bisa mengandalkan Transjakarta...

Jadi orang yang masuk kerja jam 8 pagi, ga perlu berangkat dari rumah dari jam 5 pagi..repot buat orang yang punya janji.. kalo di uber pake transjakarta bisa telat


biar ngak macet sebaiknya relokasi penduduknya sesuai dengan tempat kerjanya, terus disediakan sekolah, mall, dan fasilitas lainnya mengikuti tempat kerja tersebut.

misal; untuk area pabrikasi, semua dialokasikan di jakarta timur, jadinya pekerja-pekerjanya semua harus punya rumah di jakarta timur, terus anak-anaknya harus sekolah di jakarta timur tentunya ini akan meminimalisir kemacetan dan konsumsi bahan bakar

banyak kondisi sekarang orang kerja di parung tapi rumahnya di tanjung priok misalnya atau kerja di cikarang dan rumahnya di karawaci, tidak terbayang kan capenya tiap hari bolak-balik


Gimana masyarakat pada mau beralih ke busway, orang kadang2 ACnya mati & kadang2 mobilnya mogok

penambahan armada tranjs adalah solusi abal2....gak mutu sama skali...

mau itu dari usulan pengamat, gubernur DKI, pemda DKI dsb...penambahan armada gak berarti apa2 buat kebebasan macet di jakarta.
Cuma jadi proyek proyek dan proyek....

benahkan dulu sisi keamanan, kenyamanan dan ketertiban jakarta.
rapihkan titik2 penyebab kemacetan, buat pembatasan quota kendaraan serta penjualan nya, tingkatkan dan kasih jaminan keamanan nyata, kurangi jumlah polusi, tertibkan yg perlu ditertibkan, dsb.

Mau ada tranjs, MRT dan sejenis nya, gak menjamin jkrt bebas macet....klw rasa nyaman, ketertiban dan keamanan di jalan msh kedodoran.

0 comments:

Post a Comment

 
MMORPG Games - MMORPG List - Video Game Music